Hukum Qurban Idul Adha, Lebih Baik Kambing Atau Sapi?

Jika membicarakan mengenai Idul Adha yang berada di Indonesia, sebenarnya ada begitu banyak budaya berkurban yang telah jamak di kalangan masyarakat. Mulai dari pemilihan hewan kurban ras khusus yang terbaik hingga cara melakukan pembeliannya. kebiasaan yang telah menjadi budaya Indonesia merupakan hal yang mendasar dan menjadi pertanyaan besar mengenai lebih baik mana berkurban satu kambing dan perorangan dengan berkurban sapi namun 1 sapi untuk 7 orang yang dilakukan dengan cara patungan.

 

Sebagian besar umat muslim yang berada di Indonesia berada dalam kategori ekonomi menengah, hukum qurban idul adha namun tidak selamanya ekonomi menengah ini berkurban dengan jenis yang paling baik. bila tidak bisa berkurban seekor sapi perorangan, opsi lainnya adalah patungan 7 orang untuk seekor sapi. mana yang lebih baik diantara kedua ini? diantara berbagai macam sumber, ternyata berkurban seekor kambing lebih baik bila dibandingkan dengan berkurban sapi namun secara patungan.

 

Hal tersebut dilihat dari banyaknya daging serta mahalnya harga hewan, maka urutan keutamaannya ialah kurban unta, kurban sapi, serta kambing. Dari berbagai macam jenis kambing, kambing yang berjenis domba lebih diutamakan dibandingkan dengan kambing lokal. Di dalam konteks patungan dengan 7 orang dibandingkan dengan kambing perorangan, pendapat Malikyah dapat digunakan sebagai pedoman, siapa yang berkurban bagi dirinya dan keluarganya maka paling utama dalah seekor unta, seekor sapi serta seekor kambing. Bila memang demikian, kambing perorangan lebih utama dibandingkan dengan sapi patungan. Setidaknya, dengan memiliki kurban kambing perorangan lebih baik hukumnya serta menghindari Anda dari kerumitan perselisihan dalil.

 

Agar kita bisa selalu melakukan ibadah kurban, Anda harus dapat menekan biaya pengeluaran rumah tangga. Sayangnya, kadang kita lupa menyisihkan bahkan uang habis sebelum tanggal gajian tiba. bila hal ini terjadi dalam keuangan, besar kemungkinan Anda harus melakukan evaluasi dan memperketat seluruh pos keuangan. Ada begitu banyak orang yang tidak dapat berkurban karena kurang teliti dalam menjalankan anggaran.

 

Ada beberapa tips untuk menekan biaya pengeluaran, antara lain:

 

  1. Prioritaskan seluruh kebutuhan pokok. Hal yang paling fatal di dalam kegagalan anggaran ialah saat anggaran tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan pokok dengan baik. bila kebutuhan pokok saja tidak bisa terpenuhi, bagaimana cara rumah tangga dapat berjalan dengan menyenangkan dan baik?
  2. Lakukan belanja bulanan secara cerdas. Saat akan berbelanja serta memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga, sangat baik bila melakukannya dengan cerdas, hal ini bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran dengan baik,
  3. Segera pisahkan uang tabungan sesudah gajian. Apakah Anda sering tergoda membelanjakan uang untuk kebutuhan yang tidak penting? Ini adalah kesalahan, Anda bisa memisahkan uang tabungan sesudah hari gajian tiba.